0
Home  ›  Informasi  ›  Windows

4 Penyebab Pesan Peringatan BOOTMGR Is Missing Muncul Pada Laptop/Komputer Milikmu

Kamu pasti pernah melihat tulisan ini di laptop atau komputer milikmu atau setidaknya komputer temanmu atau mungkin juga tidak.

Mungin sekarang aku akan memberitahumu apa arti dari bootmgr is missing ini, nah peringatan ini biasanya muncul ketika sistem file Windows gagal terbaca di sistem, jadi bisa dibilang sistem file Windows seolah-olah tidak pernah ada atau terinstall pada laptop maupun komputer milikmu.
Sumber: google.com

Lalu mengapa hal ini bisa terjadi? ya ada banyak faktor, nah salah satu faktor yang aku ketahui ialah dimana sistem gagal booting alias file windows terhapus dan hilang.

Akan tetapi, ada 4 penyebab lain mengapa hal ini terjadi dan pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan kepada kamu semua apa saja penyebab tersebut sehingga bisa membuat komputer dan laptop terdapat peringatan bootmgr is missing ini, nah penasaran ? yuk kita bahas bersama.

1. Harddisk/SSD Sudah Mulai Rusak


Peringatan bootmgr is missing muncul karena harddisk atau ssd sudah mulai rusak, cara mengeceknya adalah dengan menggunakan software harddisk sentinel atau software pengecekan kesehatan harddisk lainnya.

Jika kesehatan harddisk sudah menurun, mencapai 10 atau bahkan 5%, kemungkinan besar harddisk/ssd tersebut sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru, agar windows dapat berjalan dengan baik.

2. Pemasangan Slot RAM Yang Salah


Biasanya ketika kita membeli komputer atau laptop, ada ram yang terpasang pada slot ram, dan biasanya juga ram tersebut sudah sangat lama tidak dicek kesehatannya sehingga terkadang kita tidak tahu bahwa sumber masalah besar berawal dari sana.

Terkadang memasang ram pada slot yang salah bisa membuat peringatan ini muncul, entah tidak terbaca atau bisa juga slot yang satunya rusak, jadi perhatikan dengan seksama apakah slot ram tersebut bermasalah atau tidak, jika iya maka pindahkan lah slot ram tersebut ke slot yang satunya.

3. File System Windows Terhapus Oleh Virus


Hal ini bisa terjadi jika kamu banyak menginstall file-file yang tidak dikenal dan mencurigakan di internet, efeknya mungkin tidak terlihat sekarang tetapi ketika kamu menginstall software yang mencurigakan dan selalu ketahuan oleh windows defender.

Bisa jadi file tersebut mengandung virus, nah ketika virus tersebut berhasil berjalan di dalam sistem, maka virus ini akan mulai menyebar dan menggandakan diri dan menginfeksi file sistem.

Efeknya adalah laptop/komputer kamu akan memunculkan peringatan, yaitu “bootmgr is missing” dimana virus tersebut telah berhasil menghapus file bootmanager dari sistem file windows itu sendiri.

4. Tidak Sengaja Menghapus File Sistem


Terkadang rasa bersalah sering kali datang belakangan, kita mengira bahwa itu adalah file sampah namun nyatanya bukan dan bahkan file yang telah kita hapus adalah file sistem Windows itu sendiri.

Nah ini yang menjadi polemik, jadi karena efek dari tidak sengaja menghapus file sistem maka memunculkan yang namanya bootmgr hilang alias file sistem Windows tidak ada.

Penutup


Nah mungkin itu saja 4 penyebab bootmgr is missing muncul di laptop dan komputer, sebenarnya masih banyak faktor yang tidak bisa dijelaskan kenapa bootmgr is missing muncul tapi 4 hanya dengan 4 faktor diatas tentu sangat cukup dan dapat menjelaskan mengapa error tersebut muncul.
Nah semoga informasi ini dapat membantu Anda memetakan masalah bootmgr is missing pada laptop atau komputer Anda sehingga Anda tahu langkah apa yang harus Anda lakukan setelahnya.

Post a Comment
Newest Latest Posts
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS